perbaikan jalan

Kegiatan Perbaikan Jalan Aspal

Perbaikan Jalan

Pemeliharaan pada jalan adalah  kegiatan yang berhubungan dengan perawatan dan perbaikan jalan. Yang tentu saja kita butuhkan serta kita rencanakan untuk bisa mempertahankan keadaan jalan. Supaya tetap berfungsi secara maksimal melayani lalu lintas selama umur yang sudah kita tentukan.

Pekerjaan pemeliharaan konstruksi ini adalah pekerjaan yang penting untuk kita lakukan. Karena konstruksi adalah investasi modal yang besar. Sehingga jika pelaksanaanya kita abaikan maka bisa saja membutuhkan pembangunan ulang. Yang tentu saja sangat mahal untuk dapat mempertahankan performa standar atau perbaikan ke standar yang layak kita pakai.

Para pengguna jalan menuntut supaya jalan yang mereka lalui selalu memberikan kenyamanan serta keselamatan. Namun, demikian perkerasan jalan akan mengalami penurunan performa atau kondisi seiring berjalannya waktu. Berkurangnya umur pelayanan sebab perkerasan secara terus menerus mengalami regangan akibat beban lalu lintas. Selain beban lalu lintas, ada juga pengaruh lain seperti air, iklim, cuaca, kelembaban dan lingkungan yang bisa menurunkan kondisi pelayanan pada jalan.

Karakteristik yang terus mengalami penurunan kondisi ini menuntut kontraktor atau pembuat jalan melakukan pemeliharaan secara berkala untuk bisa memperlambat laju kecepatan penurunan kondisi dan bisa mempertahankan kondisi jalan di tingkat yang layak.

Untuk mewujudkan pemeliharaan jalan, yang mana hasilnya bisa memenuhi tuntutan para pengguna jalan bukan pekerjaan yang mudah. Sebab membutuhkan deteksi dan perbaikan sedini mungkin terhadap perkerasan untuk mencegah kerusakan kecil berkembang menjadi ke tingkat yang lebih parah.

PT Laksana Karya Indonesia

Admin 1 : 08118133600

Admin 2 : 081311638180

Untuk informasi selengkapnya sudah kami rangkum di bawah ini.

Tujuan Pemeliharaan Pada Jalan

Secara harfiah, pemeliharaan memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk bisa mempertahankan kondisi supaya jalan bisa terus berfungsi dalam melayani lalu lintas sehingga keselamatan terjamin dan pelayanan jalan terus meningkat. Dalam artian, kecelakaan yang timbul karena oleh kondisi jalan yang buruk bisa kita minimalisir sekecil mungkin. Yaitu dengan perbaikan jalan dan membuat pengguna jalan yang memakai jalan dapat merasakan nyaman.
  2. Besarnya biaya operasi pada kendaraan akan tergantung dengan jenis kendaraan, geometri serta kondisi jalan. Jika jalan dalam kondisi baik, maka BOK atau biaya operasi kendaraan tidak meningkat, sementara yang sangat bersentuhan dengan BOK ini adalah pengguna jalan. Maka tujuan dari pemeliharaan jalan adalah memperkecil biaya operasi kendaraan.
  3. Untuk bisa memperlambat atau mengurangi laju kerusakan sehingga diharapkan bisa memperpanjang umur jalan. Dilihat dari segi teknis kegiatan pemeliharaan jalan adalah usaha yang dilakukan untuk mencegah adanya air masuk ke dalam lapis perkerasan yang mengalami keretakan. Retak ini bisa terjadi sebab pelapukan dan usaha menangani akibat dari gesekan roda serta beban lalu lintas yang mana akhirnya membuat pengikisan dan tekanan terhadap permukaan perkerasan yang akhirnya terjadi fatigue atau kelelahan pada struktur jalan.

Klasifikasi Kegiatan Perbaikan Jalan

Adapun klasifikasi pemeliharaan dibagi menjadi 3 jenis, antara lain:

  1. Pemeliharaan Rutin

Jenis yang pertama adalah kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan secara terus menerus sepanjang tahun. Kegiatan ini mencakup:

  • Perbaikan kerusakan yang kecil
  • Penambalan pada lubang
  • Pemburasan
  • Perbaikan kerusakan tepi perkerasan
  • Perawatan trotoar
  • Saluran samping
  • Drainase bangunan pelengkap jalan
  • Perlengkapan jalan
  • Perawatan bahu jalan
  1. Pemeliharaan Berkala

Jenis yang kedua yaitu kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan hanya pada periode waktu tertentu sebab kondisi jalan sudah mulai mengalami penurunan. Kegiatan ini mencakup:

  • Perbaikan
  • Levelling
  • Resealing
  • Overlay pada jalan beraspal atau regrooving pengaluran atau pengkasaran pada permukaan
  • Overlay pada jalan beton semen
  1. Rehabilitasi

Jenis yang terakhir adalah kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan untuk hal-hal yang bersifat mendadak atau mendesak serta darurat yang diakibatkan adanya kerusakan setempat, di mana kerusakan ini bersifat berat seperti jalan putus, yang disebabkan karena banjir, longsor, gempa dan lain-lain.Kegiatan ini mencakup semua kegiatan semua perbaikan jalan ke kondisi semula yang harus dilaksanakan secepatnya supaya lalu lintas bisa terus berjalan lancar.

Membangun Bersama Kami

Segala upaya pemeliharaan terhadap jalan akan sia-sia apabila anda tidak punya pengetahuan yang mendalam akan penyebab, cara mengatasi dan hal-hal lain yang berpengaruh. Maka dari itu, kami hadir untuk anda, jasa perbaikan yang sudah malang melintang ke berbagai macam lokasi untuk menyembuhkan sesuatu yang rusak.

Segudang pengalaman sudah ada di tangan kami, kami dengan jam terbang yang tinggi ini akan membawa anda kembali menemui senyuman. Akan kepuasan-kepuasan terhadap hasil kerja kami yang bisa kami jamin hal ini terjadi.

Anda tinggal bilang ke kami apa yang menjadi kendala terhadap jalan anda atau anda ingin melakukan pemeliharaan setelah jalan sudah dibuat, kami selalu siap untuk itu. Dengan tenaga kami yang sudah profesional dan ahli di bidangnya, kami rasa kami mampu mewujudkan keinginan anda untuk terus memberikan sesuatu yang nyaman untuk pengguna jalan.

Hubungi Kami

Hubungi kami, segera, kami tak hanya memberikan kepuasan atas kinerja kami yang baik, karena kami juga akan memberikan anda penawaran yang spesial. Harga terjangkau selalu menjadi andalan kami, kami tak pernah memberatkan klien, karena kami tahu, pekerjaan ini akan terus berlanjut sehingga bisa menjadi sebuah kerja sama yang baik.Segera katakan jasa perbaikan jalan yang seperti apa yang anda inginkan, kami siap untuk anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *