Menghitung Kebutuhan Tack Coat

Menghitung Kebutuhan Tack Coat – Mengenal jenis-jenis bahan atau material dalam pembangunan itu sangat penting, sebab anda akan menaruh berhadapan langsung dengan material-material yang ada, sehingga anda bisa tahu akan fungsi dan cara menggunakannya jika sudah mengenal. Berbeda jika anda tidak mengerti fungsinya, atau bahkan tidak mengenal material yang sedang anda hadapi, pekerjaan anda bisa saja gagal. Maka dari itu penting untuk mengetahui istilah-istilah dalam pembangunan, terutama jika anda kontraktor jalan atau bangunan.

Hal ini juga terjadi dalam dunia jasa pengaspalan, yang sudah sejak dulu berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan akses jalan yang layak dan nyaman. Berkaitan dengan pengaspalan, kegiatan tack coat juga mempunyai andil dalam memberikan jalan, tack coat atau dalam bahasa sederhananya merekatkan aspal lama dan aspal baru ini berguna untuk memperbaiki aspal yang sudah usang.

Tack Coat

PT Laksana Karya Indonesia – Tack coat atau pengikat aspal lama dengan aspal baru memberikan pertahanan yang kuat untuk tidak gampang terlepas. Aspal lama yang sudah usang dan ingin kita perbaiki dengan menggunakan tack coat akan menghasilkan hasil yang optimal. Terutama dengan daya tahan yang kuat. Tack coat ini kita terapkan di aspal lama atau aspal kering yang kemudian baru kita lapisi aspal lain. Membuat tack coat sendiri juga ada takaran tertentu agar tidak terjadi kegagalan atau miskomunikasi fungsi. Biasanya tack coat menggunakan penetrasi 80/100 dan 60/70 dengan pencairan dengan 25 hingga 30 minyak tanah per 100 bagian aspal.

menghitung kebutuhan tack coat

Alat Yang Kita Butuhkan

Kegiatan tack coat tidak lepas dengan penggunaan alat-alat berat, karena jika hanya kita lakukan dengan manual tanpa bantuan alat-alat tentu akan mustahil. Karena memiliki suhu yang panas dan tak mungkin kita pegang oleh tangan secara langsung.

Alat-alatnya adalah:

  1. Asphalt distributor

Untuk menyemprot tack coat ke dalam aspal yang kering atau lama.

  1. Hand sprayer

Penyemprotan aspal secara manual dan juga kita gunakan untuk memanaskan aspal.

Tahapan Gelar Tack Coat

Tata cara pelaksanaan tack coat sudah ada aturannya sendiri, antara lain:

  1. Menyimpan aspal emulsi yang akan kita gunakan dalam kegiatan dalam asphalt mixing plant, agar aman dan tidak terkena air hujan.
  1. Lokasi penerapan kita lakukan pada satu jalur dulu.
  1. Lokasi penerapan kita bersihkan dengan air compressor.
  1. Tack coat kita bawa menggunakan asphalt distributor atau hand sprayer dan kita bawa ke lokasi penerapan.

Menghitung Kebutuhan Tack Coat

Dalam membuat bahan tack coat sudah ada aturan tersendiri yang mencakup semuanya. Seperti contohnya menentukan volume dalam kegiatan tack coat ini sedikit mudah kita hitung jika kita bandingkan dengan menghitung material-material lain. Rata-rata volume per m2 pada bahan tack coat adalah 0,15 l/m2 higga 0,5 l/m2. Jika kita asumsikan kebutuhan volume yang kita butuhkan pada jalan sepanjang 2 km dengan lebar jalan 12 m adalah:

Panjang Jalan = 2 km = 2.000 m

Lebar jalan     = 12 m 

Luas  = P x L = 2.000 x 12 = 21.000 m2

Volume per m2 = 0,5 liter/ m2

Maka volume total lapis perekat/ tack coat = 0,5 x 24.000 = 12.000 liter

Bagaimana ulasan kami tentang cara menghitung kebutuhan tack coat untuk proyek pengaspalan anda, cukup jelas bukan?