Jasa Cut and Fill

jasa cut and fill

Jasa cut and fill merupakan pekerjaan konstruksi tahap yang paling awal dari sebuah proyek pembangunan, entah itu konstruksi sipil, pengembangan perumahan, saluran irigasi dan sebagainya. Secara harfiah cut and fill berarti memotong/membabat dan mengisi/mengurug. Istilah ini mungkin familiar secara lisan namun tidak begitu populer secara tulisan. Itulah alasannya mengapa ada yang menulisnya dengan kata “katenfil“. Bila yang dimaksud adalah pekerjaan membabat dan mengurug suatu bidang lahan, berarti tidak ada masalah dalam hal penyebutan ini. Tapi apa saja yang tercakup dari proyek cut & fill ini?

Anda tidak bisa begitu saja menggunakan alat berat dan memulai sendiri pekerjaan cut fill ini. Tidak sedikit kontraktor besar atau pengembang-pengembang yang menyerahkan proses awal konstruksi ini kepada pool alat berat. Mengapa? Karena mereka biasanya menawarkan rental alat berat sekaligus menerima pesanan jasa cut and fill. Alasan utamanya adalah efisiensi waktu dan biaya operasional. Penyedia rental alat berat sudah terbiasa bekerja sesuai permintaan atau tenggat waktu. Jadi ketimbang hanya menyewa alat berat dan mengoperasikannya sendiri, banyak yang lebih memilih jasa katenfil demi alasan kepraktisan dan efisiensi.

Peruntunkan Jasa Cut and Fill Dalam Berbagai Pekerjaan

Apa saja proyek konstruktif yang membutuhkan pekerjaan katenfil ini? Bila kita melihat alat berat seperti bulldozer dan backhoe dioperasikan di atas lahan-lahan yang baru dibuka, kita sering mengaitkannya dengan pembangunan suatu gedung atau pemukiman. Tapi tidak selalu demikian halnya.  Kalau begitu pekerjaan apa saja yang memanfaatkan jasa cut and fill?

1. Pembangunan Gedung atau Perumahan

Lahan yang akan dibangun suatu gedung atau luasan bidang tanah yang akan dibangun perumahan memerlukan kontur yang cocok dan sesuai agar proyek bisa berjalan dengan baik. Terlebih lagi bila tanah memiliki tingkat elevasi yang kompleks dan dinamis. Bukan hanya rerumputan atau ilalang, biasanya vegetasi seperti pepohonan pun perlu dibersihkan. Dan di mana terdapat cekungan yang tidak diinginkan maka diperlukan jasa pengurugan tanah. Ini semua guna mendapatkan bidang lahan yang sesuai dengan rancang bangun konstruksi.

2. Pembukaan Lahan Perkebunan

Perkebunan teh dan sayur-mayur yang kebanyakan berada di dataran tinggi dan cenderung di pegunungan yang elevasi tanahnya dinamis dan relatif tinggi. Pekerjaan katenfil untuk perkebunan biasanya diperuntukkan bagi lahan khusus tanaman atau pepohonan yang biasa ditanam di level tanah yang lebih rendah dan datar. Sebagai contoh perkebunan kelapa sawit dan perkebunan karet. Di wilayah yang dijadikan lahan perkebunan baru, biasanya tidak selalu sudah memiliki elevasi tanah yang cocok. Di sinilah pekerjaan cut and fill berperan. Membabat vegetasi yang tidak diperlukan dan meratakan tanah.

3. Pembuatan Saluran Irigasi

Informasi topografi yang akurat sangat diperlukan guna menentukan jalur terbaik agar aliran air dapat dibuat. Terbatasnya lahan untuk saluran irigasi pun bisa menjadi pertimbangan untuk mengambil langkah penting dalam membangun prasarana aliran yang sesuai. Data topografi yang aktual dibutuhkan agar jasa cut and fill bekerja secara efektif berdasarkan kebutuhan. Bila luas lahan tidak menjadi kendala, mungkin pekerjaan cut fill hanya sebatas membabat vegetasi yang merintangi dan mengurug relatif sedikit bidang tanah. Tetapi bila luas lahan minim, proses cut and fill yang dibutuhkan bisa menjadi sangat berat guna memastikan saluran yang diinginkan terbentuk sesuai rencana.

4. Pengurugan Tanah / Penggalian Tanah

Tidak jarang jasa katenfil dipanggil untuk mengerjakan sebatas pengurugan atau penggalian. Bisa jadi tidak ada proyek konstruksi khusus yang sedang dijalankan, melainkan pelanggan hanya sekedar dibuatkan perataan bidang tanah di area property nya. Mungkin juga jasa cut fill diperlukan hanya untuk memastikan kembali elevasi tanah tidak kurang atau lebih dari desain yang disesuaikan kemudian. Terkadang di tengah-tengah proyek pembangunan bisa saja terjadi perubahan rancang bangun dan prosesnya harus disesuaikan sejak dari awal. Tanah yang terlanjur dikeruk perlu ditutup lagi. Atau tanah yang masih terlalu tinggi perlu digali sedikit lagi. Ya apapun kebutuhannya, jasa cut and fill ini dapat membantu kelancaran proyek aneka pekerjaan konstruksi.

Jasa Cut and Fill oleh PT Laksana Karya Indonesia

Silahkan menghubungi representative atau konsultan konstruksi kami di nomor / email yang tertera pada website ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang jasa katenfil. Apakah itu terkait alat berat, operator, teknis pekerjaan, pemetaan lahan, penyusunan RAB, atau pekerjaan lain yang bisa kami lakukan untuk proyek Anda. Kami dengan senang hati mendukung perencaan konstruksi Anda apapun proyeknya.